Desember, Jalan Tol Dibangun di Bali
 
 
DENPASAR, EXTREMMEPOINT.COM: -Jalan tol layang sepanjang sekitar 11 Km yang menghubungkan Denpasar-Nusa Dua, Bali akan mulai dibangun pada 21 Desember 2011. Proyek yang mengalokasikan dana sekitar Rp 2 triliun ini ditargetkan rampung pada akhir 2012 mendatang.
 
 
"Dalam waktu dekat akan segera dilakukan tender dan pada 21 Desember nanti sudah dimulai pembangunannya," ujar Deputi Menteri BUMN Bidang Insfrastruktur dan Logistik Sumaryanto Widayatin kepada pers, Senin (28/11), di Nusa Dua, Bali, seusai memimpin Rapat koordinasi BUMN Kedeputian Bidang Usaha dan Insfrastruktur dan Logistik.
 
Dia menyebutkan, empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT Bali Tourism Development Corporation (BTDC), PT Pelindo III, PT Angkasa Pura (AP) I dan PT Jasa Marga akan melakukan
konsorsium guna membangun jalan tol ini. "Anggaran pembangunan jalan tol ini bukan dari APBN, tapi dari keempat perusahaan konsorsiouitu," paparnya.

Pembangunan jalan tol pertama di Bali ini bertujuan untuk mengatasi arus kemacetan lalu lintas di Pulau Dewata yang sudah sangat memprihatinkan saat ini. Jalan nantinya dibangun mirip jalan tol Suramadu, yakni berupa jembatan di atas permukaan laut dan hutan bakau. "Tinggi jembatan jalan tol ini sekitar dua meter dari permukaan laut," imbuhnya, sembari menambahkan, pembangunan jembatan jalan tol ini tidak akan mengganggu jalur pelayaran di Pelabuhan Benoa dan jalur penerbangan di sekitar Bandara Ngurah Rai, Bali.

Sumaryanto menjelaskan, selama ini kendala pembangunan jalan tol adalah pembebasan tanah milik warga. Namun dalam pembangunan jalan tol di Bali ini, menurutnya, tidak memerlukan tanah warga karena dibangun diatas laut dangkal. "Kami sudah melakukan pendekatan dengan Kementerian Pekerjaan Umum terkait rencana pembangunan jalan tol ini," tuturnya.

Pada rakor itu juga telah ditandatangani MoU tentang pembentukan Konsorsium Pengembangan Benoa Cruise Terminal dan Marina.(Tety)



Taman Griya Nusa Dua, Jl. Danau Tamblingan XII No. 15 - Jimbaran 80363 BALI - INDONESIA
Tel: +62 361 775959 (Hunting) Fax: +62 361 778955 Mob: +62 818 775959 BB Pin No: D078D112
Email: info@aliatravel.net