Pemerintah Prioritaskan Proyek di Bali Terkait
KTT APEC 2013
 
Denpasar - Bali menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT APEC pada 2013. Pemerintah akan memprioritaskan pengerjaan proyek-proyek di Bali yang terkait dengan KTT APEC.

Beberapa proyek pembangunan infrastruktur di Bali masuk dalam daftar Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) untuk koridor Bali-Nusa Tenggara.

Proyek tersebut yaitu, pembangunan perluasan Bandara Ngurah Rai dan Pembangunan jalan tol Bali Selatan. Tiga proyek ini, ditarget selesai sebelum penyelenggaraan KTT APEC pada pertengahan 2013.

"Itu prioritas janga pendek 2011-2013, dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah KTT APEC," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu kepada wartawan di sela-sela ‎​rapat Tim Kerja Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Koridor Ekonomi Bali dan Nusa Tenggara di Hotel Marriot, Nusa Dua, Rabu (30/11/2011).

Mari mengatakan dalam daftar MP3I terdapat 136 proyek infrastruktur yang akan dikerjakan hingga rentang waktu 2025. Proyek tersebut total senilai Rp 210 triliun. Proyek infrastruktur tersebut umumnya terkait dengan pariwisata, seperti pembangunan bandara, Pelabuhan laut, dan jalan di kawasan Bali, NTB, dan NTT.

"Proyek ini didanai negara hanya sebesar 20 persen, sisanya didanai oleh swasta dan BUMN," ujarnya.

Selama kunjungannya ke Bali, Mari juga meninjau beberapa proyek yang terkait dengan KTT APEC 2013. Ia berkunjung ke Pelabuhan Benoa untuk melihat rencana pembangunan jalan tol Bali selatan yang dibangun di atas hutan mangrove, penataan pelabuhan, dan perluasan Bandar Udara Ngurah Rai.

Ia juga melihat lokasi proyek pembangunan Bali International Park (BIP) di Jimbaran, Badung. Ia bertemu dengan sejumlah pihak, diantaranya Komisaris Utama PT Jimbaran Hijau Frans Bambang Siswanto, Kadisparda Bali Ida Bagus Subiksu, Lurah Jimbaran, Bendesa Adat dan para Kelian Desa Adat Jimbaran.

BIP akan dibangun di atas lahan seluas 250 hektar. BIP rencananya dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan KTT APEC 2013. Nantinya akan dibangun 21 rumah kepala negara di BIP.

Namun, proyek BIP yang telah mengantongi Keppres, Kepmen masih tersendat karena terkendala perijinan di Pemkab Badung. "Saya akan cek dan tanyakan kapan ijin akan dikeluarkan Bupati (Badung),"Kata Mari. (gds/van)

Taman Griya Nusa Dua, Jl. Danau Tamblingan XII No. 15 - Jimbaran 80363 BALI - INDONESIA
Tel: +62 361 775959 (Hunting) Fax: +62 361 778955 Mob: +62 818 775959 BB Pin No: D078D112
Email: info@aliatravel.net